Ana/Tiwi, Satu-satunya Wakil Indonesia yang Melaju di Final

0
Pada babak semifinal Thailand Open 2024, Indonesia memiliki 2 wakil dari ganda putri dan ganda campuran. Sayangnya, untuk ganda campuran ini harus kalah dari wakil China.

Ana/Tiwi, Satu-satunya Wakil Indonesia yang Melaju di Final Open Thailand 2024

Ana/Tiwi, Satu-satunya Wakil Indonesia yang Melaju di Final Open Thailand 2024 – Pada babak semifinal Thailand Open 2024, Indonesia memiliki 2 wakil dari ganda putri dan ganda campuran. Sayangnya, untuk ganda campuran ini harus kalah dari wakil China. Sementara, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi berhasil melaju ke babak final. 

Babak semifinal yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok ini mempertemukan Ana/Tiwi dengan pemain asal Jepang Rin Iwanaga/Kie Nakanishi. Sebelumnya, mereka pernah dipertemukan dan kemenangan Ana/Tiwi hari ini merupakan bentuk balas dendam atas kekalahannya di pertandingan MPO08 sebelumnya. 

Jalannya Pertandingan 

Bertanding dengan unggulan kedua dunia, Ana/Tiwi mengawali gim pertama dengan poin yang 4-2. Terus bermain secara solid, membuat Ana/Tiwi berhasil menutup jeda interval dengan skor 11-4. Tentunya permainan yang menegangkan ini kembali berlanjut usai jeda interval. 

Selesai jeda interval, Iwanaga/Nakanishi berhasil menepis jarak menjadi 12-6. Kemudian, pertandingan berlanjut dengan reli panjang dan dari reli panjang ini, wakil Indonesia berhasil menambah angka menjadi 13-6. Iwanaga/Nakanishi tidak membiarkan hal itu berlangsung lama. Mereka berhasil memperkecil jarak dan akhirnya mampu mengubah skor menjadi 9-14. 

Namun, lagi-lagi hal ini tidak berlangsung lama, sebab Ana/Tiwi kembali menjauh dengan skor 16-9. Wakil asal Jepang itu kembali mendekat dengan menambah 1 poin, tetapi Ana/Tiwi mampu mempertahankan keunggulan menjadi 18-10. 

Pertandingan terus berlanjut, dengan permainan Iwanaga/Nakanishi yang mendekat menjadi 11-18. Ana/Tiwi tidak membiarkan hal itu bertahan lama, sampai akhir gim pertama pertandingan dimenangkan oleh mereka dengan skor 21-12. 

Pada gim kedua, wakil asal Jepang mengawali perubahan skor 2-0. Pertandingan gim kedua yang sengit selalu dilewati dengan reli panjang. Sampai-sampai untuk mendapatkan 1 poin saja, Ana/Tiwi melewati 70 pukulan. Hal ini membuat skor menjadi 2-2. 

Permainan terus berlanjut dengan Ana/Tiwi yang kembali mengungguli skor menjadi 4-2. Namun, pukulan menyilang yang berasal dari Iwanaga mampu menipiskan selisih skor menjadi 3-4. Lagi-lagi, skor tersebut tidak bertahan lama, Ana/Tiwi berhasil menjauh menjadikan skor 7-3. 

Lewat reli panjang selanjutnya, wakil dari Indonesia ini berhasil menambah 1 poin. Iwanaga/Nakanishi memang berhasil menambah poin lagi, tetapi Ana/Tiwi membalasnya dengan memperlebar jarak menjadi 10-5. Tidak lama dari itu, jeda gim kedua pun ditutup dengan skor 11-5.

Usai jeda interval, Ana/Tiwi berhasil menjauh sampai skor menjadi 17-9.  Meskipun sempat mendekat dengan menambah 1 poin, tetapi wakil dari Jepang harus bermain lebih tangguh lagi, sebab Ana/Tiwi berhasil menjauhkan lagi skor menjadi 18-10. 

Ana/Tiwi terus bermain dengan impresif, sampai-sampai membuat Nakanishi terjatuh untuk mengejar shuttlecock. Hal ini membuat skor berubah menjadi 19-10. Permainan kembali berlanjut dengan wakil Jepang yang melakukan kesalahan, sehingga wakil Indonesia berhasil mendapatkan poin tambahan menjadi 20-10. 

Match point yang didapatkan oleh Ana/Tiwi ini dimaksimalkan dengan baik melalui smash Tiwi. Skor akhir untuk gim kedua berada pada skor 21-10. Dengan skor ini, Ana/Tiwi berhasil melaju ke babak final Thailand Open 2024. 

Kemenangan Ana/Tiwi atas Iwanaga/Nakanishi ini menjadi kemenangan pertama mereka dalam 3 kali pertemuan. Selain itu, ini juga menjadi final pertama Ana/Tiwi untuk BWF Super 500. Prestasi ini tentu saja sangat membanggakan baik untuk pribadi, maupun untuk PBSI. 

Untuk laga final yang akan digelar pada Minggu, 19 Mei 2024, Ana/Tiwi masih belum mengetahui akan bertanding melawan siapa. Sebab, lawannya nanti merupakan pemenang pertandingan MPO08  antara wakil Thailand Kititharakul/Rawinda Prajongjai dengan wakil India Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *