Francis Lee, Salah Satu Pemain Peraih Top Skor 5 Musim

0
Francis Lee, Salah Satu Pemain Peraih Top Skor 5 Musim

Francis Lee, Salah Satu Pemain Peraih Top Skor 5 Musim

Francis Lee, Salah Satu Pemain Peraih Top Skor 5 Musim – Francis Lee (29 April 1944 – 2 Oktober 2023) menjadi salah satu pemain sepak bola LGOLUX negara Inggris yang terkenal karena ketangkasan, kecepatan, dan kemampuannya mencetak gol. Francis Lee bermain dan mengabdikan dirinya di Manchester City, Derby County,  Bolton Wanderers, dan tim nasional Inggris. Ia telah mencetak lebih dari 200 gol selama berkarir menjadi atlet sepak bola. Ia juga pernah memenangkan medali bersama dengan Derby County saat mengikuti Kejuaraan Liga bersama Manchester City.

Karir Awal

Francis Lee memulai awal karirnya saat berada di Bolton Wanderers pada tahun 1960. Selama berada di Bolton, Lee menunjukkan bakat yang ia miliki sebagai pencetak gol handal. Hal ini berhasil membuatnya dilirik oleh klub-klub besar. 

Manchester City

Lee bergabung ke klub Manchester City pada tahun 1967. Ia mampu mencetak rekor dengan mendapatkan biaya transfer sekitar £60.000. Saat berada di klub Manchester City, Lee menjadi salah satu pemain kunci dalam periode kesuksesan klub, khususnya pada saat akhir 1960-an dan awal 1970-an. Lee berhasil mengabdikan dirinya untuk membantu Manchester City memenangkan Divisi Pertama Liga Inggris (sekarang Premier League) yang berlangsung pada tahun 196-1968, kemudian memenangkan Piala FA pada 1969, dan Piala Winners UEFA pada 1970.

 

Prestasi Individual

Selama berkarir di dunia sepak bola. Francis Lee berusaha untuk berprestasi terutama karena kemampuannya untuk mencetak gol. Ia juga pernah menjadi top skorer klub selama lima musim berturut-turut yaitu pada tahun 1971-1972. Lee mencetak 35 gol dalam semua kompetisi dan hal ini menjadi prestasi luar biasa bagi Francis Lee. Selain mencetak gol, Lee juga terkenal karena kemampuannya untuk mengeksekusi penalti. Berkat kemampuannya ini ia dijuluki “King of The Penalty” karena ia mampu mencetak banyak gol dari titik putih. 

Karir Internasional

Selain berkarir di sepak bola, Lee pernah tampil sebanyak 27 kali dari tahun 1968 hingga 1972 untuk berkontribusi di tim nasional Inggris. Selama beberapa tahun tersebut ia mencetak 10 gol. Walaupun pada saat itu tim nasional Inggris tidak meraih keberhasilan besar namun Lee tetap menjadi salah satu penyerang terbaik negara Inggris. 

Pindah ke Derby County

Pada 1974, Lee meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan Derby County. Lee kembali menunjukkan ketangkasannya dan membantu klub Derby County memenangkan gelar Divisi Pertama pada tahun 1974-1975. 

Warisan dan Kehidupan Setelah Pensiun

Dalam sejarah klub Manchester City, Lee adalah salah satu sosok pemain terbaik yang dihormati oleh mantan rekan-rekannya di klub tersebut. Penghormatan diberikan kepada Lee karena kontribusinya yang luar biasa di lapangan sepak bola. Lee juga pernah menjadi ketua Manchester City pada tahun 1994-1998 dan ia memiliki peran penting dalam berbagai aspek khususnya manajemen klub selama empat tahun tersebut. Warisan yang ditinggalkan oleh Lee sangat mengesankan bagi sejarah sepak bola negara Inggris. Warisan yang ia tinggalkan menjadikan dirinya sebagai legendaris yang dikenang oleh pecinta sepak bola Inggris. 

 

Selain berkarir pada dunia sepak bola, Lee juga sukses dalam dunia bisnis. Ia memiliki industri kertas toilet. Industri ini bernama F.H. Lee Ltd. yang kemudian dijual dengan mendapatkan keuntungan yang besar. Selain industri tersebut, Lee juga memiliki investasi yang signifikan di sektor properti. Usaha ini ia lakukan saat telah pensiun dari sepak bola LGOLUX  profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *