Indonesia Berpotensi Gantikan Timnas Israel U-23

0
Indonesia Berpotensi Gantikan Timnas Israel U-23 di Olimpiade Paris 2024

Indonesia Berpotensi Gantikan Timnas Israel U-23 di Olimpiade Paris 2024

Indonesia Berpotensi Gantikan Timnas Israel U-23 di Olimpiade Paris 2024 – Dua negara yang berpotensi menggantikan Timnas Israel U-23 di Olimpiade Paris 2024 akan diulas disini. Federasi Sepakbola Israel (IFA) saat ini sedang menghadapi ketidakpastian setelah Federasi Sepakbola IDNSCORE Palestina (PFA) mengajukan protes kepada FIFA dalam kongres tahunan FIFA di Bangkok, Thailand, baru-baru ini.

PFA mendorong FIFA untuk mencoret keanggotaan Israel dari FIFA akibat tindakan militer Israel yang telah menewaskan ribuan masyarakat sipil Palestina. Selain itu, Israel juga dituduh merampas hak-hak para pesepakbola Palestina dan menghancurkan sejumlah fasilitas olahraga di Palestina, termasuk stadion.

Israel Berpotensi Dicoret dari Keanggotaan FIFA

Akibat protes ini, FIFA meminta kepada 217 negara anggota mereka untuk mempertimbangkan hukuman yang pantas diberikan kepada Israel. FIFA sebelumnya telah menegakkan hukuman larangan tampil di seluruh kompetisi internasional kepada Rusia akibat invasi militer Rusia ke Ukraina, namun dinilai tidak konsisten dalam kasus Israel.

Menurut laporan The Telegraph, presiden FIFA Gianni Infantino langsung menggelar rapat darurat, namun belum ada keputusan yang diambil. FIFA kabarnya akan mengadakan kongres darurat pada 20 Juli 2024. Jika dalam kongres tersebut FIFA memutuskan untuk mencoret Israel dari keanggotaan mereka, maka Timnas Israel U-23 yang dijadwalkan tampil di Olimpiade Paris 2024 pada 24 Juli 2024, berpotensi dicoret. Jika ini terjadi, negara mana yang berpotensi menggantikan posisi Israel U-23?

2. Georgia U-23

Israel U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah mencapai semifinal Piala Eropa U-21 2023. Di babak semifinal, Israel U-23 kalah 0-3 dari Timnas Inggris U-23 yang kemudian menjadi juara.

Wakil Eropa di Olimpiade Paris 2024 adalah Ukraina, Spanyol, dan Israel. Inggris U-23 tidak tampil di Olimpiade Paris 2024 karena para atlet mereka berkompetisi di bawah bendera Britania Raya, bukan sebagai tim mandiri. Karena itu, jika FIFA memutuskan pengganti Israel dari UEFA, pilihannya adalah Georgia U-23, tim yang dikalahkan Israel U-23 di perempat final Piala Eropa U-21 2023.

1. Timnas Indonesia U-23

Tim lainnya yang berpotensi menggantikan Israel adalah Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda sempat memperebutkan satu slot terakhir di Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea U-23 di babak playoff pada Kamis, 9 Mei 2024. Meski kalah 0-1 dari Guinea U-23 dan gagal lolos ke putaran final Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 masih memiliki peluang.

Jika FIFA memutuskan mencoret Israel dari keanggotaan mereka dan dari Olimpiade Paris 2024, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia U-23 ditunjuk untuk menggantikan slot tersebut. Kehadiran Indonesia di ajang olahraga sebesar Olimpiade akan menjadi prestasi besar dan dorongan moral bagi sepak bola Indonesia.

Dengan situasi yang masih berkembang, kedua negara ini, Georgia dan Indonesia, tetap menunggu keputusan resmi dari FIFA. Apapun keputusannya, langkah ini menunjukkan bagaimana dinamika politik dan olahraga bisa saling mempengaruhi di panggung internasional. Bagi Timnas Indonesia U-23, peluang ini adalah kesempatan emas yang harus disiapkan dengan sebaik mungkin jika benar-benar terwujud.

Perjalanan timnas Indonesia U-23 musim ini menunjukkan perkembangan yang menjanjikan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Tim tampil solid dalam berbagai turnamen IDNSCORE , termasuk Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games.

 Pemain muda seperti Pratama Arhan dan Witan Sulaeman menonjol dengan penampilan impresif mereka, memberikan harapan baru bagi masa depan sepak bola Indonesia. Keberhasilan mengatasi lawan-lawan tangguh dan lolos ke babak selanjutnya dalam kompetisi regional dan internasional menunjukkan bahwa tim ini memiliki potensi besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *