Olivier Giroud Resmi Umumkan Pensiun

0

Olivier Giroud Resmi Umumkan Pensiun dari Timnas Prancis Usai Euro 2024

Olivier Giroud Resmi Umumkan Pensiun dari Timnas Prancis Usai Euro 2024 –Olivier Giroud resmi mengumumkan akan pensiun dari Timnas Prancis setelah Euro 2024. Keputusan ini diambil Giroud untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda LGODEWA untuk berkembang di kancah sepakbola internasional.

Kompetisi Terakhir Bersama Les Bleus

“Euro 2024 akan menjadi kompetisi terakhir saya bersama Les Bleus. Saya akan sangat merindukannya,” kata Giroud, seperti dilansir BBC Internasional, Jumat (24/5/2024). Ia menambahkan, “Kita perlu memberi jalan bagi para pemain muda. Anda juga harus berhati-hati agar tidak bermain satu musim terlalu banyak. Penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat.”

Euro 2024, yang akan digelar di Jerman mulai 14 Juni hingga 14 Juli 2024, kemungkinan besar akan menjadi turnamen terakhir bagi mantan pemain Arsenal dan Chelsea tersebut. Saat ini, Giroud termasuk dalam daftar skuad sementara Timnas Prancis untuk turnamen tersebut. 

Karir Giroud di Timnas Perancis

Selama kariernya di Timnas Prancis, Giroud telah mencetak 57 gol dari 131 pertandingan sejak debutnya pada 2011. Ia juga memiliki kontribusi besar dalam membawa Les Bleus menjuarai Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2021. Prestasi ini tentu saja bisa bertambah jika Giroud mendapatkan kesempatan bermain di Euro 2024.

Tidak hanya pensiun dari timnas, Giroud juga akan meninggalkan AC Milan pada akhir musim ini. Selama berseragam Rossoneri, Giroud berhasil mencetak 48 gol dari 131 pertandingan di semua kompetisi. Salah satu pencapaian terbesarnya bersama AC Milan adalah membawa klub tersebut menjuarai Liga Italia pada musim 2021-2022.

Lanjut ke Los Angeles FC

Giroud akan melanjutkan kariernya di Amerika Serikat dengan bergabung bersama Los Angeles FC di Major League Soccer (MLS). Kontrak selama 18 bulan telah ditandatangani, memastikan masa depannya di luar Eropa setelah mengakhiri karier di AC Milan.

Giroud, yang dikenal dengan kemampuan mencetak golnya yang konsisten, telah meninggalkan jejak signifikan di setiap klub yang dibelanya. Karier profesionalnya yang dimulai di klub-klub Prancis seperti Grenoble, Istres, dan Tours, berkembang pesat saat ia bergabung dengan Montpellier. Di Montpellier, Giroud berhasil memenangkan gelar Ligue 1 pada musim 2011-2012, yang mengantarkannya ke perhatian klub-klub besar Eropa.

Pindah ke Arsenal pada 2012, Giroud menikmati enam musim yang produktif di Liga Inggris. Di sana, ia mencetak 105 gol dalam 253 penampilan dan memenangkan tiga Piala FA. Kepindahannya ke Chelsea pada 2018 memperkuat reputasinya sebagai penyerang yang andal, dengan tambahan trofi seperti Liga Europa 2018-2019 dan Liga Champions 2020-2021.

Peran Giroud di Timnas Prancis juga tidak kalah penting. Debutnya pada 2011 menandai awal dari kontribusi panjangnya untuk Les Bleus, di mana ia secara konsisten menjadi andalan di lini depan. Meskipun sering menghadapi kritik, Giroud tetap menunjukkan profesionalisme dan determinasi tinggi, yang membawanya meraih kesuksesan di tingkat internasional.

Dengan pensiunnya dari timnas setelah Euro 2024, Giroud berharap generasi pemain muda Prancis dapat mengambil alih tongkat estafet dan membawa Les Bleus menuju kesuksesan di masa depan. Keputusan ini mencerminkan komitmen Giroud untuk mendukung regenerasi dalam tim dan memastikan keberlanjutan prestasi Timnas Prancis.

Karier Giroud yang gemilang, baik di level klub maupun internasional, menjadikannya salah satu penyerang terbaik  LGODEWA dalam sejarah sepak bola Prancis. Langkahnya menuju MLS juga menunjukkan bahwa meskipun mendekati akhir kariernya, Giroud tetap bersemangat untuk bermain dan memberikan kontribusi di lapangan hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *