Oxford United, Klub Sepakbola Milik Erick Thohir

0
Oxford United, Klub Sepakbola Milik Erick Thohir yang Berhasil Promosi ke Divisi Championship

Oxford United, Klub Sepakbola Milik Erick Thohir yang Berhasil Promosi ke Divisi Championship

Oxford United, Klub Sepakbola Milik Erick Thohir yang Berhasil Promosi ke Divisi Championship – Kabar gembira datang dari Oxford United, Klub Sepakbola IDCWIN88 milik Erick Thohir dan Anindya Bakrie. Di mana, klub ini berhasil memastikan diri promosi ke Divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris. Ini merupakan kali pertamanya mereka lolos ke Divisi Championship. 

Pencapaian ini sangat mengejutkan banyak pihak. Sebab di musim sebelumnya, mereka finis di peringkat ke-19 dan hampir terdegradasi. Oxford United sendiri berhasil promosi setelah mengalahkan Bolton dengan skor 2-0 di Stadion Wembley, London. 

Perjuangan Oxford United 

Klub yang saham mayoritasnya diakuisisi oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie pada tahun 2022 ini berhasil menyusul Derby Country dan Porthmouth yang sudah lebih dulu promosi ke Divisi Championship. 

Untuk babak reguler sendiri, Oxford United berakhir di peringkat ke-5. Di mana, mereka berhasil mendapatkan 77 poin dengan rincian 22 kemenangan, 11 seri, dan 13 kali kalah. Kemudian, klub ini berhasil lolos ke babak play off promosi. 

Pada babak itu, Oxford United dipertemukan dengan Peterborough. Peterborough sendiri merupakan klub yang berada pada posisi ke-4 alhir musim reguler. Pada leg pertama, Oxford United berhasil menang dengan skor 1-0. Kemudian bermain imbang 1-1 pada leg kedua. 

Kemudian, Oxford United lolos ke final setelah menang melawan Peterborough dengan skor 2-1. Pertandingan dilanjut ke laga final yang digelar hari Sabtu, 18 Mei 2024. Di mana, Oxford dipertemukan dengan peringkat ketiga klasemen akhir musim reguler, yaitu Bolton Wanderers. 

Oxford United berhasil tampil bagus pada laga ini. Pasukan Des Buckingham tersebut memenangkan pertandingan lewat gol dari Josh Murphy di menit ke-31 dan 42. Kemenangan 2 gol atas Bolton ini membawa Oxford United promosi ke Divisi Championship. 

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, Oxford United untuk pertama kali selama 25 tahun bisa berhasil promosi ke divisi kedua Liga Inggris. Tentu saja hal ini sangat bersejarah, karena mereka akan semakin membuka peluang untuk bisa bermain di Liga 1. 

Klub ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1893. Pada saat itu, mereka memiliki nama Headington United. Nama mereka berganti menjadi Oxford United pada tahun 1960 dengan tujuan untuk menarik perhatian penduduk kota Oxford. 

Sepanjang perjalanan di Liga Inggris dari tahun 1983-1986, Oxford United sempat melesat dari divisi ketiga menuju divisi teratas setelah sebelumnya menjuarai divisi tiga dan divisi dua. Kemudian, mereka berhasil meraih gelar piala Liga Inggris di musim 1985-1986. 

Hanya saja, sejak era Premier League pada tahun 1992, mereka lebih banyak berkutat di divisi bawah. Bahkan lebih sering mentas di liga ketiga. Lebih lengkapnya, pada musim 2005-2006, Oxford United harus terdegradasi dari League 2 (setara dengan Divisi 4 jika EPL dihitung) ke National League. Mereka bertahan 4 musim di Liga tersebut. Kemudian, lambat laun merangkak promosi ke League 2 mulai musim 2010-2011. 

Sejak musim 2016-2017, Oxford United tampi di League One dengan total 8 musim. Mereka lebih sering berada di papan tengah. Bahkan menyedihkannya, untuk musim 2022-2023, mereka harus puas dengan mengakhiri musim di peringkat ke-19. Pada saat itu, dari 46 laga hanya 11 kemenangan yang berhasil mereka raih. 

Prestasi Oxford United bisa promosi ke Divisi IDCWIN88 Championship merupakan prestasi membanggakan. Tentunya, dibalik permainan yang bagus, ada pelatih Des Buckingham yang siap membawa Oxford United mendapat lebih banyak prestasi lagi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *