Sejarah Chelsea, Salah Satu Klub Terbesar di Inggris

0
Sejarah Chelsea, Salah Satu Klub Terbesar di Inggris

Sejarah Chelsea, Salah Satu Klub Terbesar di Inggris

Sejarah Chelsea, Salah Satu Klub Terbesar di Inggris – Membahas mengenai klub sepak bola terbesar di Inggris tentu tidak terlepas dari Chelsea Football Club. Berdiri pada 10 Maret 1905, Chelsea terus melakukan berbagai strategi terbaik hingga dalam waktu yang relatif singkat klub yang dijuluki the Blues ini memiliki banyak penggemar. Waktu ke waktu jumlah penggemar semakin banyak menjadikan Chelsea semakin mudah untuk dilirik. 

Sebelum berdiri, klub LGOLUX yang berada di bawah kepemilikan pengusaha kaya bernama Henry Augustus ini pernah akan memiliki beberapa nama sebelum akhirnya pemilik memutuskan namanya Chelsea FC. 

Awal mulanya, Gus Mears, julukan Henry Augustus membeli sebuah komplek atletik Stamford Bridge yang akan diubah menjadi klub sepak bola. Tanah tersebut sempat ditawarkan kepada Fulham FC.

Alhasil, Fulham menolak tawaran menarik tersebut. Namun Mears bukan orang yang mudah menyerah. Akhirnya Mears memutuskan untuk memiliki klub sepak bola sendiri yang diberi nama Chelsea FC. Nama yang diambil dari sebuah kota yang berdekatan dengan Fulham. 

Menjadi Klub Serba Pertama 

Hal ini dikarenakan perjalanan Chelsea FC dalam menjadi klub sepak bola sangat cepat mendapatkan penggemar. Di akhir tahun 1910 an Chelsea menjadi salah satu klub di Inggris dengan penonton lebih dari 40 ribu orang. 

Gus Mears yang merupakan pendiri klub meninggal dunia pada tahun 1912. Namun Chelsea tetap terus melanjutkan langkahnya. Chelsea kala itu juga menjadi salah satu klub terkaya sehingga mampu membayar berbagai pemain dengan kualitas terbaik.

Semakin menarik karena Chelsea juga menjadi salah satu rumah untuk para pemain non-Inggris pertama dalam Liga sepak Bola. Perjalanan selama dekade pertama tidak begitu membuahkan hasil. 

Chelsea terus menerus melakukan berbagai perubahan signifikan hingga pada dekade kedua Chelsea berhasil mencapai final Piala FA. Sebuah kemenangan pertama kali yang diraih oleh team satu ini. 

Perjalanan Chelsea FC dan Berbagai Tantangannya

Tahun 1955 Chelsea pertama kali ikut dalam sebuah laga. Ternyata kemenangan tak terduga tersebut belum mampu mengubah nasibnya dan akhirnya kembali dalam keadaan yang dikatakan biasa saja. 

Hingga pada pertengahan 60an klub sepak bola ini berhasil berada dalam puncak popularitas dengan menggandeng berbagai pemain terkenal dan menjadi salah satu tamu tetap di Stamford Bridge. Hal ini menjadikan Chelsea sebagai salah satu lawan yang tidak dipandang sebelah mata. 

Dengan berbagai strategi yang terus dilakukan menjadikan Chelsea meraih kejuaraan lain yang mana pada tahun 1970 Chelsea berhasil memenangkan kejuaran Piala FA serta Piala Winner di tahun 1971. Sayangnya, kedua piala tersebut merupakan piala terakhir yang berhasil diraih dalam sementara waktu. 

Pembangunan kembali Stamford Bridge menjadikan Chelsea mengalami masalah keuangan serta meningkatkan hooliganisme untuk penggemar klub. Hal tersebut menjadikan Chelsea dalam kondisi yang berbahaya. Dalam beberapa dekade para eksekutif Chelsea lebih fokus untuk menyelamatkan klub dari kebangkrutan. 

Hingga pada tahun 1996, Ruud Gullit diangkat menjadi pelatih Chelsea hingga menjadikan sebagai salah satu klub menarik dalam laga sepak bola LGOLUX  Inggris. Sekalipun belum berhasil melangkah ke Liga Premier, namun pada periode tersebut berhasil mendapatkan dua kemenangan. 

Dalam perjalanannya, Chelsea pada tahun 2003 dijual kepada miliarder asal Rusia yaitu Abramovich. Dalam era ini Chelsea berhasil berada stabilitas keuangan. Chelsea berhasil juga melunasi beberapa hutang dan juga membeli berbagai pemain terbaik. 

Hingga akhirnya di bawah pelatih Jose Mourinho, Chelsea berhasil meraih berbagai gelar Liga Premier secara berturut-turut. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *